Saturday , 29 April 2017
PESIAR UI 1436 H
You are here: Home 5 Aqidah 5 Orang-orang Yang Didambakan Surga
Orang-orang Yang Didambakan Surga

Orang-orang Yang Didambakan Surga

Bersama: Ust. Dedy Martoni, S.Pd., M.Si

Senin,13 Juli 2015
Aula Utama Masjid Ukhuwah Islamiyah, UI Depok

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Q. S. Ali – Imran : 133
“Bersegeralah kalian kepada ampunan Allah SWT dan menuju surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa.”

Ciri-ciri orang yang bertakwa adalah care/peduli, mampu menahan emosi dan mudah memaafkan orang lain.

Hadits Riwayat Bukhari & Muslim
“Surga itu dikelilingi oleh hal-hal yang dibenci jiwa dan neraka dikelilingi hal-hal yang disenangi.”

Keinginan atau keengganan kita untuk melakukan ibadah, itulah yang menjadi pembeda antara orang-orang beriman dengan yang tidak beriman.

Di dalam kitabnya, Ibnu Qoyyim Al-Jauziah menulis :
“Surga memiliki nama-nama yaitu Jannatul Firdaus, Jannatul Adn, Jannatul Na’iim, Jannatul Ma’wa, dan sebagainya.

Bangunan surga itu berbentuk seperti kubah-kubah dimana kubahnya indah dan terbuat dari mutiara.

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang sholat sunnah rawatib 12 rakaat sehari semalam maka akan didirikan rumah di surga oleh Allah SWT. Begitu juga dengan sholat dhuha 8 rakaat.
Sholat sunnah rawatib tersebut ialah:
4 rakaat sebelum zuhur
2 rakaat setelah zuhur
2 rakaat setelah magrib
2 rakaat setelah isya
2 rakaat sebelum subuh

Sebagai pembelajaran kita, di Mekkah, diantara waktu adzan dan iqomah jedanya 30 menit karena memberikan waktu jamaah untuk melakukan sholat tahiyyatul masjid dan sholat rawatib serta waktu untuk berdoa yang mustajab diantara adzan dan iqomah.

Surga memiliki delapan pintu surga. Yaitu pintu rayyan, pintu shalat, pintu puasa, pintu sedekah, pintu Al-Ayman, pintu taubat, pintu dzikir, pintu ilmu. Kita pun dapat masuk surga dari pintu manapun sesuai dengan kualitas terbaik amalan kita. Luas dan lebarnya pintu surga seperti jaraknya pengendara tercepat selama 3 hari. Dan luas antar pintunya antara Mekkah dan Bushro.

Sahabat Nabi SAW, Abu Bakar RA ialah sahabat yang paling banyak sedekahnya, paling kuat tekadnya dalam berjihad, paling dalam ilmunya, paling bertakwa dan banyak amalannya. Sehingga Abu Bakar RA layak masuk surga dari pintu manapun.

Seorang wanita yang shalat 5 waktu, puasa di bulan ramadhan, tidak musyrik, menjaga kehormatan, taat pada Allah SWT dan Rasul-Nya dan suaminya, suaminya ridha maka dia diperbolehkan masuk ke surga dari pintu manapun yang disukai.

Pernyataan ini terdapat di dalam hadits riwayat Ahmad & Thabrani dari Abdurrahman bin Auf.

Itulah gambaran wanita shalihah yang didambakan surga. Wanita shalihah ada 3 cirinya: jika dilihat ia menyenangkan, jika dipanggil ia menghampiri, jika diperintah ia menurut dan menjaga dirinya ketika suaminya pergi.

Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya surga terdapat 100 tingkatan yang disediakan bagi orang yang berjihad di jalan Allah. Jarak antar tingkatannya antara langit dan bumi. Maka jika kalian minta surga maka mintalah surga firdaus.”

Di Surga terdapat mata air
Mata air surga diberikan oleh orang-orang yang mendekatkan diri kepada Allah SWT (muqarrabin) sedangkan para abror (orang yang berbuat baik), Allah akan berikan air campuran kafur (mata air surga)

Q. S. Al-Insaan : 5-7
” Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebajikan minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur, (yaitu) mata air (dalam surga) yang daripadanya hamba-hamba Allah minum, yang mereka dapat mengalirkannya dengan sebaik-baiknya. Mereka menunaikan nazar dan takut akan suatu hari yang azabnya merata di mana-mana.”

Ada 4 empat sungai di surga. Dua sungai terlihat hulunya dan dua yang lainnya tidak terlihat hulunya. Sungai yang terlihat hulunya ada di dunia yaitu sungai Ifrad di Irak dan sungai Nil di Mesir. Sungai tersebut akan mengering jika telah terjadi banyak fitnah di muka bumi.

Di surga ada macam-macam sungai

Q. S. Muhammad: 15
“(Apakah) perumpamaan (penghuni) jannah yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamr yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka, sama dengan orang yang kekal dalam jahannam dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong ususnya?”

Di surga terdapat buah-buahan

Q. S. Yasin : 57
“Di surga itu mereka memperoleh buah-buahan dan memperoleh apa yang mereka minta.”

Di surga ada khamr.

Q. S. As-Saffat: 45-47
” Diedarkan kepada mereka gelas yang berisi khamr dari sungai yang mengalir. (Warnanya) putih bersih, sedap rasanya bagi orang-orang yang minum. Tidak ada dalam khamr itu alkohol dan mereka tiada mabuk karenanya.”

Di dunia khamr diharamkan namun di surga khamr dihalalkan.

Di surga ada madu

Q.S. Muhammad : 15
“(Apakah) perumpamaan (penghuni) jannah yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka, sama dengan orang yang kekal dalam jahannam dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong ususnya?”

Di surga ada sesuatu yang dikehendaki

Q. S. 36 : 57
“Di surga itu mereka memperoleh buah-buahan dan memperoleh apa yang mereka minta.”

Di surga ada makanan-makanan

Q. S. Az-Zukhruf : 71
“Diedarkan kepada mereka piring-piring dari emas, dan piala-piala dan di dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap (dipandang) mata dan kamu kekal di dalamnya”.

Di surga tidak akan mabuk

Q. S. Al-Hasyr : 19
“Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada mereka sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik.”

Di surga tidak akan kelaparan

Q. S. Taha : 118
“Sesungguhnya kamu tidak akan kelaparan di dalamnya dan tidak akan telanjang.”

Di surga tidak akan merasa dahaga

Q. S. Taha : 119
“dan sesungguhnya kamu tidak akan merasa dahaga dan tidak (pula) akan ditimpa panas matahari di dalamnya”.

Ibnu Abbas berkata: buah-buahan di surga seperti anggur, lebih lembut, halus, dan tanpa biji. Buah-buahan di surga akan mendekat dengan sendirinya jika penghuni surga menginginkannya.
Tanaman-tanaman yang ada di surga akan cepat tumbuh dan berbuah.

Rasulullah bersabda:
“Penghuni surga akan makan dan minum yang enak-enak. Mereka tidak mengeluarkan ingus dari hidungnya, tidak buang air besar dan tidak buang air kecil. Makanannya akan keluar dari tubuhnya dengan harum kasturi.”

Ibnu Qoyyim meriwayatkan bahwa bau aroma surga dapat dicium dari jarak 100 tahun. Aroma surga dapat dicium oleh para arwah dan orang-orang yang dikehendaki Allah SWT.

Keadaan penghuni surga wajahnya seperti bulan purnama

Sabda Rasulullah, “ciri penghuni surga ialah orang yang tawadhu, jika bersumpah, Allah SWT perkenankan sumpahnya.”

Kelompok pertama yang masuk surga berjumlah 70.000 orang. Mereka saling bergandengan tangan hingga masuk surga semuanya.
Orang yang pertama masuk surga :
1. Mati syahid
2. Orang yang taat
3. Orang fakir yang menjaga diri dari meminta-minta.

Di surga ada bidadari surga disebut khairatun hisan

Para penghuni surga akan selalu diberi kesibukkan. Kesibukkan mereka ialah bersenang-senang dengan para bidadari.

Q. S. Ali -Imran :15
Katakanlah: “Inginkah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu? Untuk orang-orang yang bertakwa (kepada Allah), pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai; mereka kekal didalamnya. Dan (mereka dikaruniai) isteri-isteri yang disucikan serta keridhaan Allah. Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.”

Di dalam Al-Quran, target ramadhan ialah menjadi orang yang bertakwa.
Ciri orang bertakwa:
1. Hatinya bersih
2. Taat pada allah
3. Memiliki akhlak terpuji
4. Allah mencintainya
5. Dijanjikan surga oleh Allah

Q. S Al-Mukminun : 1-1
“Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam sembahyangnya, Orang-orang mukmin dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna, dan orang-orang yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. Dan orang-orang yang memelihara amanah-amanah (yang dipikulnya) dan janjinya. Orang-orang mukmin dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, orang-orang mukmin (yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.”

▶ Akhlak terpuji dapat dibentuk dengan pondasi kita dalam beribadah, ialah dua kalimat syahadat, mendirikan shalat, melaksanakan puasa. Shalat sebagai kunci surga.

Orang yang didambakan surga ialah mereka yang menginfakkan hartanya saat kaya/lapang ataupun sempit/susah, mampu menahan emosi (sabar) serta taat pada Allah dan Rasul-Nya.
Rasulullah merupakan suri teladan dalam berbagai hal. Salah satunya kesabaran. Rasulullah pernah dilempari kotoran unta di kepalanya, namun Rasulullah tidak pernah membalasnya.

✨Kesuksesan sesungguhnya ialah barangsiapa yang diselamatkan Allah dari neraka lalu dimasukkan ke dalam surga.

Wallahu a’lam bishshawab

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Karena kami tidak sekedar memberi informasi tapi senantiasa untuk selalu menginspirasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Bookmaker bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium templates by www.bigtheme.net free download.

Online bookmaker Romenia betwin365.webs.com

Scroll To Top