Thursday , 25 May 2017
PESIAR UI 1436 H
You are here: Home 5 Al Qur'an dan Science 5 Mukjizat Al Quran tentang Penciptaan Air Mata
Mukjizat Al Quran tentang Penciptaan Air Mata

Mukjizat Al Quran tentang Penciptaan Air Mata

Bersama : Ustadz Dr. Anom Bowolaksono, M. Sc.

Ahad, 19 April 2015 07.00-08.45 @ Aula Utama Masjid UI Depok

 

Allah menciptakan semua lubang yang ada dalam tubuh manusia itu ditujukan untuk menjaga keseimbangan jasad itu sendiri. Jika sebelumnya kita telah membahas bumi yang juga berlubang, maka begitupun tubuh kita , kita perhatikan dari ujung rambut sampai ujung kaki, di dalam tubuh kita terdapat lubang-lubang. Lubang pori-pori di mana lubang itu berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh kita.

Kalau kita perhatikan setiap lubang, setiap pori-pori tadi pasti mengeluarkan sesuatu yang berbeda satu dengan yang lainnya dan semua lubang pasti mengeluarkan sesuatu. Walaupun itu dikeluarkan, terkadang kita tidak paham apa yang kita keluarkan tersebut. Dalam istilah biologi itu istilahnya homeostasis (keseimbangan).

Mulai dari kepala, lubang yang terdekat adalah “mata”.

Dalam istilah biologi ada 2 istilah ketika tubuh mengeluarkan zat dari dalam tubuh :

1.Ekskresi

2.Sekresi

Ekskresi : mengeluarkan sesuatu zat dari dalam tubuh (harus dikeluarkan), dan zat tersebut sudah tidak berguna lagi bagi tubuh. Misalkan panggilan alam setiap pagi.

Sekresi : Mengeluarkan sesuatu zat dari dalam tubuh, tetapi zat tersebut masih digunakan.

Misalnya ketika kita makan, rongga mulut kita kering, bagaimana cara mengaduk & mencernanya?

Maka dengan segala keagungan Allah, diciptakanlah ludah, yang dikeluarkan dan digunakan untuk membantu saat kita mengunyah makanan.

Bayangkan jika tdk ada ludah?

Apakah kita bisa mengunyah?

Pagi ini kita akan membahas suatu cairan terpenting dalam tubuh kita yang keluar dari bagian terpenting tubuh kita, di mana kita senantiasa bisa menikmati ciptaan Allah darinya, yaitu  “Air Mata”.

Air Mata

Secara sadar atau tidak sadar, kita tidak pernah menyadari apakah mata kita basah atau tidak. Kita sadar kalau mata kita basah hanya jika kita menangis, padahal mata kita senantiasa mengandung banyak mineral.

Mata mengeluarkan air mata, memberi keleluasaan agar mata ini bekerja dengan baik. Terkadang sekresi dari air mata ini berlebih, hal ini karena sesuatu hal. Bisa dikarenakan efek fisiologis, patologis ataupun psikologis.

 

Fungsi Fisiologis

Ini dikarenakan fungsi tubuh kita. Pagi hari kita bekerja berat di luar ruangan, lapangan terbuka dan banyak debu lalu pada malam hari istirahat. Keesokan harinya setiap pagi kita memanen kotoran mata, yang sering kita sebut dengan “belek“. Belek ini adalah air mata kita yang sudah mengering bersama kotoran-kotoran yang kemarin.

Alhamdulillah debu-debu dan kotoran yang masuk ke mata kita dikeluarkan setiap hari tanpa kita sadari. Dan inilah nikmat Allah yang terbesar juga. Bayangkan jika keluarnya tidak setiap hari, misalnya hanya 1x dalam sebulan.

Secara patologis

Misalnya kita sedang sakit mata, maka air matanya akan keluar. Sadar atau tidak sadar, air mata ini diperlukan, dipaksa untuk keluar.

Secara psikologis

Kita sebagai orang islam diberi contoh oleh rasul kita, untuk selalu mengeluarkn air mata. Dan Rasulullah SAW mengajak kita ke bagian yang paling mudah untuk menjaga kesehatan mata kita. Kalau tadi air mata harus keluar secara fisiologis dan patologis. Ada yang lebih menguras yaitu mengeluarkan air mata degan cara psikologis. Inilah yang menjaga mata kita semakin sehat. Konsekuensi  dari mengeluarkan mata ini yang biasa kita sebut dengan “MENANGIS”. Namun,  menangis biasanya stereotip dengan kesedihan, stereotip dengan kelemahan, stereotip dengan ketidakjantanan, ketidakberanian, yang merupakan konotasi negatif.

Padahal di dalam Al Quran, menangis itu disebutkan cukup banyak, bahkan bila dibandingkan dengan mata sendiri, menangis itu lebih banyak disebutkan. Kata-katanya dituliskan dengan gamblang, menangis karena mengingat Allah, karena bahwa kita di dunia ini sedang diberikan ujian, ujian untuk bisa pulang ke kampung halaman kita dengan selamat.

Pulang kampung adalah sesuatu yang sangat dirindukan, maka perlu kita persiapkan dengan baik :)

Rasulullah SAW mengatakan, jika kita dibukakan lembaran layar kita di masa lalu kita, maka kita akan menangis tanpa disuruh dan tanpa dipaksa.

Kita diperintahkan untuk menangis, secara halus melalui Rasulullah SAW,melalui nabi-nabinya.

Q.S Al Maidah : 83

“Dan apabila mereka mendengarkan apa (Al Quran) yang diturunkan kepada Rasul (Muhammad), kamu lihat mata mereka mencucurkan air mata disebabkan kebenaran yang telah mereka ketahui (dari kitab-kitab mereka sendiri), seraya berkata, “Ya Tuhan, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran Al Quran an kenabian Muhammad).

Hadist riwayat Ibnu abbas ra : “Ada dua mata yang tidak akan disentuh oleh api neraka. Yaitu mata yang menangis di pertengahan malam karena takut kepada Allah dan mata yang terjaga di jalan Allah”. (HR. Tirmidzi)

Jadi ada syarat dan ketentuannya mata yang tidak akan tersentuh api neraka ini : yang pertama menangis di pertengahan malam, dan kenapa menangis? Karena takut kepada Allah, bukan karena banyak tunggakan hutang atau karena alasana lain, tapi karena takut kepada Allah.

Hadist riwayat abu hurairah ra : “Tidak akan masuk neraka seseorang yang menangis karena takut pada Allah, sampai air susu kembali ke putingnya dan tidak akan bisa berkumpul debu dijalan Allah dengan asapnya neraka jahanam

Hadist ini menyatakan jaminan Allah, bahwa ketika sudah ada tangisan kita, karena konsekuensi-konsekuensi ataupun komitmen-komitmen yang tidak bisa kita lakukan. Ini adalah gambaran definisi menangis karena untuk mendekatkan diri kepada Allah bukan definisi menangis karena lemah ataupun cengeng.

Sehingga Ini adalah sebagai sarana komunikasi, semua yang ada didalam tubuh kita merupakan hasil komunikasi. Jasmani kita dilengkapi dengan alat komunikasi : mulut.

Ketika tubuh kita digigit serangga, maka tubuh kita akan bentol, ini merupakan hasil komunikasi tubuh kita merespon terhadap racun serangga. Tubuh kita diciptakan berupa jasadiyah dan ruhiyah, lalu bagaimana ruhiyyah kita berkomunikasi melalui jasaddiyah kita?

Jawabnya  adalah melalui  Air mata :)

Tekanan psikologis yang kuat , akan mendesak kelenjar air mata membengkak dan mendesak untuk mengeluarkan air mata, sehingga keluarlah air mata.

Dan tidak tahu air mata ini keluar untuk siapa?

Supaya air mata ini punya arah, kita tujukan agar air mata ini keluar sebagai sarana komunikasi untuk mendekatkan hati pada Allah pada malam hari saat Qiyamul lail .Kenapa harus malam hari? Karena air mata secara fisiologis keluar pada malam hari, kalau siang hari keluar air mata itu karena efek patologis, karena efek kita kurang tidur. Jadi ini sejalan dengan konsep kesehatan. Menangis adalah menyehatkan, merupakan ibadah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Tangisan para Nabi terdahulu

Nabi Adam a.s: selalu mengenang kesedihan selama hidupnya

Nabi Nuh a.s : tangisannya berubah menjadi topan yang menenggelamkan bumi

Rasulullah SAW: lebih banyak menangis, sedikit tertawa. Ketika seseorang menangis karena melihat mayat yang terbujur kaku,

Rasulullah SAW berkata  “Kalau kita lebih tau/melihat diri kita sendiri maka kita akan jauh lebih menangis daripada ketika kita menangis karena melihat mayat yang terbujur tersebut“.

Rasulullulah juga menangis, karena sedih melihat kondisi umatnya.

Q. S Al Maidah : 118

Jika engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hambaMu dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah yang Mahaperkasa Mahabijaksana.”

Q. S Ibrahim : 36

Ya Tuhan, berhala-berhala itu telah menyesatkan banyak dari manusia. Barang siapa mengikutiku, maka orang itu termasuk golonganku dan barangsiapa mendurhakaiku, maka Engkau Maha Pengampun, Maha Penyayang

Hadis :

Wahai jibril, pergilah kepada Muhammad dan katakanlah kepadanya sesunguhnya kami akan meridhai umatmu dan kami tidaklah akan berbuat buruk“.  (HR. Shahih Muslim)

Dari sisi organ , kita lihat dimana letak air mata kita.==> terdapat kelenjar lakrimal (penghasil air mata) yang terletak pada ujung kiri dan ujung kanan mata kita.

Macam-macam air mata :

1. Air mata normal/air mata utama

Misalnya ketika sedih

2. Air mata reflek ==>Rangsangan eksternal yang sifatnya patologis.

Misalnya kelilipan debu maka air mata akan refleks keluar. Atau saat kita terkena gas air mata, maka air mata akan refleks keluar.

Komposisi air mata

  • Cairan lakrimal yang  98.99%  berupa air
  • Ph-nya basa. Sekitar 7.5
  • Komposisinya : oksigen, natrium, dll

Lapisan-lapisan Air mata

Lapisan mukoid (inner mucin layer) : Menyebar ke kornea dan bagian dalam air mata

Lapisan Akuous/tengah/middle aqueous layer : Menjaga agar mata slalu basah.

Lapisan Lipid/luar/Outer lipid layer : Lapisan minyak, mencegah penguapan.

Air mata dan efek psikologi

Lapisan film mata memperbarui sebanyak 13 ribu kali/hari, kedipan mata adalah menjaga agar mata tetap basah.

Beberapa ras memiliki presentase yang rendah dalam menangis yaitu orang perancis hanya 8%.

Orang yang menangis adalah orang yang bisa menguak tabir kehidupan.  Ada yang tidak biasa bicara, namun menangis dalam mengungkapkan segala emosinya ==> efek komunikasi

Menangis itu mengalihkan dari kekerasan, kalau kita sedang dalam tekanan yang tinggi. (memagari hati dri kekerasan).

Jangan marah“, karena ketika marah syetan sudah masuk ke pembuluh darah.

Supaya tidak marah kita tahan , atau lebih sehat yaitu dengan mengeluarkan air mata (menangis).

Manfaat Airmata

  1. Memperlancar gerakan kelopak mata
  2. Memelihara mata dari  kekeringan
  3. Melindungi mata dari bahaya iritasi
  4. Menjernihkan penglihatan
  5. Mengandung lizozyme, enzim  yang dapat membunuh bakteri sekitar 90-95 % bakteri yang disebabkan oleh polusi udara.

Secara psikologis :

  1. Menghilangkan stress dan depresi.
  2. Menenangkan

Menurut penelitian William Frey, (dokter Spesialis mata di USA)

  • Air mata normal manusia disekresikan 0.5L/tahun.
  • Air mata dikeluarkan saat kondisi emosi memuncak.
  • Mengandung toksin yang dihasilkan seseorang akibat kondisi emosional tsb.
  • Ada keterkaitan antara air mata dan kesehatan psikolgis maupun mental manusia.

Dari Abu Hurairah ra. Dari Nabi Muhammad SAW beliau bersabda : “Ada 7 kelompok yang akan mendapat naungan Allah, pada hari tiada naungan kecuali naunganNya“, yaitu :

1. Pemimpin yang adil.

2. Pemuda yang rajin ibadah, karena saat-saat keemasan saat banyak godaan, menyerahkan diri untuk kepentingan Allah.

3. Seseorang yang slalu tertaut oleh masjid, hatinya selalu digantungkan dengan masjid.

4. Dua orang yang saling mencintai karena Allah, keduanya berkumpul dan berpisah karena Allah SWT.

5. Seorang laki-laki yang menolak ajakan perempuan yang bangsawan dan cantik untuk berzina, lalu berkata “Sesungguhnya aku takut kepada Tuhanku“.

6. Sedekah yang disembunyikan, sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui.

7 Seseorang yang berdzikir kepad aAllah di tempat yang sunyi, kemudian kedua matanya bercucuran air mata (pada malam hari).

Rasul berpesan

Mata yang beku yang tidak mampu menangis, adalah karena hati orang itu keras, dan hati yang keras adalah karena menumpuknya dosa yang telah diperbuat. Banyaknya dosa yang dibuat seseorang karena orang tersebut lupa mati, sedangkan lupa mati datang akibat panjangnya angan-angan, panjang angan-angan muncul karena terlalu cinta pada dunia, sedangkan mencintai dunia adalah pangkal segala perbuatan dosa“.

Mencucurkan air mata bermanfaat untuk kesehatan kita, fisik kita sehat karena psikis kita yang sehat.

Paksakan agar kita bisa ingat dengan Allah, ingat degan dosa-dosa kita, bukan paksa agar air mata keluar, tapi paksa agar diri kita mengingat dosa-dosa kita.  Paksakan bahwa kita benar-benar rindu kepada Rasulullah SAW, paksakan bahwa kita punya keinginan yang kuat untuk bertemu dengan Rasul, dengan paksaan-paksaan itu maka air mata kita akan keluar.

Mengingat yang tadi bahwa dengan mengeluarkan mata kita mendapat 2 hal :

1. Fisik sehat

2. Hati sehat

Allahu’alam bish shawwab

 

Karena kami tidak hanya memberikan informasi, namun senantiasa berusaha untuk menginspirasi

sumber gambar : http://healingwithdrcraig.com/wp-content/uploads/2012/10/Tears-of-the-heart.jpg

TINGGALKAN KOMENTAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Bookmaker bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium templates by www.bigtheme.net free download.

Online bookmaker Romenia betwin365.webs.com

Scroll To Top