Sunday , 25 June 2017
PESIAR UI 1436 H
You are here: Home 5 Al Qur'an dan Science 5 Mukjizat Al Qur’an tentang Kebumian Ep. 2
Mukjizat Al Qur’an tentang Kebumian Ep. 2

Mukjizat Al Qur’an tentang Kebumian Ep. 2

Oleh: Dr.Eng.Yunus Daud,Dip.Geotherm.Tech.,M.Sc
Ahad,12 Oktober 2012
@Masjid UI,Depok


Syekh Syaid Quthb dalam Tafsir menggambarkan Fajar: “saat itu ada malaikat yang menyaksikan ketika melihat alam semesta, ia tenang”. Udara tenang. Mutmainnah. Ketika melihat orang beriman, hatinya tenang. Ketika malam bersujud pada Allah, ini gerakannya sama antara hamba Allah yang bernama manusia, langit dan juga gerakan bumi. Yakni gerakan tasbih pada Allah.

Kita belajar pada malaikat yang mengatakan Maha Suci Engkau Ya Allah yang telah menganugrahkan ilmu pada kami. Tidak ada sedikitpn takabur pada malaikat.

Alquran is always one step ahead of science #UIBertafakur

Ali Imran 190 -191. Ayat ini yang membuat Rasulullah menangis tersedu-sedu, sehingga Bilal bertanya Menangis? #UIBertafakur

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia- sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” (Al-Imran: 190-191)

Tiga posisi penting pada manusia. Kita disuruh untuk senantiasa dalam keadaan berdzikir dan berpikir penciptaan Allah. Maka dari itu, jika ingin memikirkan ciptaan Allah, kita perlu ngaji dan berzikir dulu pada Allah #UIBertafakur

Saya kalau liat gunung, yang saya lihat adalah ufuk disebalah timur, utara, selatan, utara.. MasyaAllah… Kita tahu ada yang lebih luas. Ufuk itu adalah garis horizon yang kalau kita cari ujungnya kita gak bisa nemu#UIBertafakur

Kita harus sering-sering memikirkan ciptaan Allah. Saat BAB, kita renungkan proses ini..saat kita sakit perut..disana ada proses luar biasa. Sesungguhnya Alquran itu adalah benar! Kita harus sering-sering melatih diri memikirkan penciptaan Allah setiap harinya #UIBertafakur

Apakah hubungan Alquran dan Alam Semesta, apakah? Ayat kauliyah memberikan isyarat-isyaratNya tentang alam semesta(ayat kauniyah). Jika kita jadikan penelitian, kita bakal menemukan hal-hal luar biasa. Sayangnya, kita jarang buka ayat kauliyahnya, Al Quran. Jadi kita tidak dapat isyarat-isyarat Allah #UIBertafakur

Kajian hari ini kita akan membahas:
1.Bumi dihamparkan sebagai permadani (Ad Dzariyat:48)
Bumi itu hamparan magma #UIBertafakur

Magma Bumi

2.Bumi diciptakan Allah tujuh lapisan (At Thalaq 65:12)
3.gunung sebagai pasak,tiap pancang (Alhijr 19 dan An Naba 6 7)

Bumi dipancangkan dariatas atau dr bawah? Dari bawah dan pancangnya adalah gunung #UIBertafakur

4.Gunung berfungsi sebagai rem (Luqman: 10)
5.Gunung berjalan sebagaimana awan berjalan (An Naml 88)

Bumi itu berlapis lapis

Dengan teknologi, kita tahu ada yang disebut inner core, yang padat. Ada outcore yang cair. Yang di bawah laut tipis lapisannya tapi padat. Yang dibawah gunung lapisannya tebal tapi cair #UIbertafakur.


Kata Allah Kalian gak tahu. Kita manusia bodoh.kita kira gunung gak berjalan, tapi dia sungguh berjalan.Jalannya gak sepertijalan anak yg berbaris tapi seperti awan. Makanya untuk memahaminya kita harus memahami bagaimana awan itu berjalan.

At Thariq: 11-13
Bumi itu terbelah/terpatahkan. Walaupun dia hamparan tapi terblok blok #UIBertafakur

Ada patahan, ada blok-blok kata Allah dan blok-blok itu bergerak dan geraknya tidak satu arah tapi ada yang berputar dan blok yang paling stabil adalah Saudi Arabia yang ada Ummul Quro yang ada ka’bahnya.

World Tectonic Plates


Bloknya Indonesia melekat ke Austalia dan Australia gerak melekat ke Indonesia. Syaratnya apa? Kita harus menjadi tetangga yang baik. Gerakannya berapa lama? 12 Cm/tahun. MasyaAllah..dan gerakan ini tidak terasa. Samudra gerakannya ke dalam supaya tidak ditumpah. Allah atur sedemikian rupa. Terkadang ada yang bergerak sedikit keatas. Sedikt aja dan jadilah Tsunami.

Gerakan lempengan darat gerakannya ke atas. Diam-diam tapi pasti dia semakin meninggi dan suatu saat akan bertubruk. Scientist selalu meneliti hingga hari ini tapi tidak ada yang tahu kapan itu kecuali Allah. Makanya gunung Himalaya itu makin lama makin tinggi. Jadi kalau pernah menaklukkan puncak Himalaya 10 tahun yang lalu berarti belum hebat karena tahun ini dia lebih tinggi. MasyaAllah. Lihat Himalaya, Fuji, di atas gunung itu ada supply airnya. 

Gambar penunjaman lempeng tektonik



Jika ada tumbukan darat dengan darat.emang paling takjub skrg adalah Himalaya walaupun disekitarnya seperti daerah Tibet jg ikut naik tapi lbh sedikit. Inilah bukti dari pergerakan bumi tersebut.

Video earth 100 million years from now: dapat dilihat di sini

Inilah gerakan lapisan-lapisan bumi yang telah Allah isyaratkan dan tentang gunung yang dipancangkan.

Video Plate Tectonics: dapat dilihat di sini

Dulu sahabat dan Rasulullah gak punya ilmu ini tapi percaya dan yakinnya luar biasa.
——————————
Q:Bumi bulat dalam Alquran?
A:Allah menggunakan kata Yukawwiru artinya memutar. Allah memutar malam atas siang.dan siang atas malam.

Bukan sekedar replace mngganti. Berarti kalau Allah pakai kata memutar,berarti Bumi itu Bulat. MasyaAllah

Wallahu’alam
——————————

Video kajian dapat dilihat di sini : Part 1 dan Part 2
Ikuti kajian dwimingguan selanjutnya
Twitter:@masjidUI

TINGGALKAN KOMENTAR

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Bookmaker bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium templates by www.bigtheme.net free download.

Online bookmaker Romenia betwin365.webs.com

Scroll To Top